PROFIL SEKOLAH
1. IDENTITAS
SEKOLAH
Nama Sekolah : SLB-D YPAC BANDUNG
Nama Kepala Sekolah : Drs. Basyariah
NIP :
19551230 198003 1 012
Alamat :
Jl. Mustang No. 46
Kelurahan : Sukawarna
Kecamatan : Sukajadi
Kota : Bandung
Provinsi : Jawa Barat
Kode Area : (022)
No. Telp : 2014874
No.
Fax :
-
E-mail :
slbdypacbandung@gmail.com
a. NSS : 80.2.02.6024.001
b. Jenjang Sekolah : TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB,
KELAS KARYA, dan AUTIS
c. Tahun Pendirian : 1960
d. Tahun Beroperasi : 1960
e. Kepemilikan Tanah :
·
Status
Tanah : Hak Milik
·
Luas
Tanah :
4500 m²
·
Status
Bangunan Milik : Yayasan
·
Luas
Seluruh Bangunan : 1120 m²
f. Sekolah Dibuka Tahun :
1960
g. Nomor Rekening Sekolah :
2. KEADAAN RUANGAN
a.
Ruang Kelas
Ruang Kelas
|
Jumlah Ruang
Kelas
|
Jumlah ruang yang digunakan untuk ruang kelas
|
||||
Ukuran
3 X 6 m²
|
Ukuran
4 X 3 m²
|
Ukuran
4,5 x 4 m²
|
Ukuran
4,5 X 5 m²
|
Ukuran
6
X 5 m²
|
17 ruang
|
|
1
|
1
|
10
|
4
|
1
|
b.
Ruang Lain
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
1. R. Kepsek
|
1
|
25,5 m²
|
2. R. TU &
R. Komputer & R. Guru
|
1
|
35,64
m²
|
3. Gudang
|
1
|
6,76 m²
|
4. R. Ibadah/Mushala
|
1
|
15,6 m²
|
5. Rumah Penjaga
|
1
|
23,4 m²
|
6. K.Mandi/WC guru
|
2
|
4,5 m²
|
7. K. Mandi/WC
Murid
|
2
|
20,8 m²
|
3. Keadaan Guru, Karyawan DAN Team
Jumlah Guru Staf
|
JUMLAH
|
Keterangan
|
Guru PNS
|
21
|
|
Guru Sukwan
|
1
|
|
Fisioterapi
|
1
|
Team Ahli
|
Psikolog
|
1
|
Team Ahli
|
Dokter
|
1
|
Team Ahli
|
Administrasi
|
1
|
|
Pramubakti
|
3
|
|
JUMLAH
|
29
|
|
4.
Keadaan Ruang Kelas dan Siswa
a.
Jumlah Rombel per Tingkatan Kelas
1.
Jumlah Ruang Kelas, Pemeriksaan & Kesenian
|
17
Kelas
|
2. Jumlah Rombongan Belajar
|
14
rombel
|
3. Ruang Kelas
|
14
|
4. Ruang Pemeriksaan/Terapi/OT
|
2
|
5.
Ruang Kesenian
|
1
|
b. Keadaan Siswa
Tahun Ajaran
|
Jml.
Pendaftar
(Siswa
Baru)
|
AUTIS
|
SDLB
|
SMPLB
|
SMALB
|
||||
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml
Siswa
|
Jml
Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml
Rombel
|
||
Tahun 2006/2007
|
6
|
3
|
1
|
46
|
|
18
|
|
4
|
1
|
Tahun 2007/2008
|
10
|
4
|
1
|
30
|
|
6
|
|
19
|
|
Tahun 2008/2009
|
7
|
4
|
1
|
29
|
|
11
|
|
10
|
|
Tahun
2009/2010
|
8
|
5
|
2
|
28
|
|
17
|
|
5
|
|
5. Data Sarana Bangunan
Jenis Ruangan
|
Jumlah Ruangan
|
Jumlah Ruangan Kondisi
Baik
|
Jumlah Ruangan
Yang Rusak Sedang
(30%-40%)
|
Jumlah Ruangan
Yang Kondisi Rusak Berat
|
1.
R. Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
-
|
-
|
2.
R. TU & R. Komputer & R.Guru
|
1
|
1
|
-
|
-
|
3. Gudang
|
1
|
-
|
1
|
-
|
4. R.
Ibadah/Mushala
|
1
|
-
|
1
|
-
|
5. Rumah
Penjaga
|
1
|
-
|
1
|
-
|
6. K. Mandi/WC
Guru
|
2
|
2
|
-
|
-
|
7. K. Mandi/WC
Murid
|
2
|
-
|
2
|
-
|
8. Ruang Kelas
|
17
|
17
|
-
|
-
|
6.
Fasilitas
a.
Keliling tanah seluruhnya :
4500 m²
Status
Kepemilikan
|
Luas
Tanah
Seluruhnya
|
Penggunaan
|
||||
Bangunan
|
Halaman / Taman
|
Lapang
Olahraga
|
Kebun
|
Lain-Lain
|
||
Milik Bersertifikat
|
4500 m²
|
1120
|
|
|
|
|
b.
Buku dan Alat Pendidikan Menurut Mata Pelajaran
No
|
Mata Pelajaran
|
Buku
|
Alat Pendidikan
|
|||||||
Pegangan Guru
|
Teks Siswa
|
Penunjang
|
Peraga (set)
|
Praktik (Set)
|
Media (set)
|
|||||
Jml Judul
|
Jmlh Eks
|
Jmlh Judul
|
Jmh Eks
|
Jmlh Judul
|
Jmlh Eks
|
|||||
1
|
PPkn
|
4
|
8
|
3
|
60
|
2
|
4
|
|
|
1
|
2
|
Pendidikan
Agama
|
3
|
6
|
3
|
60
|
3
|
9
|
1
|
1
|
|
3
|
Bahasa dan
Sastra Indonesia
|
5
|
12
|
4
|
190
|
15
|
52
|
1
|
1
|
|
4
|
Bahasa Inggris
|
3
|
6
|
4
|
190
|
10
|
50
|
1
|
1
|
1
|
5
|
Matematika
|
3
|
9
|
5
|
190
|
|
|
1
|
1
|
1
|
6
|
IPS
|
9
|
21
|
3
|
60
|
5
|
8
|
1
|
|
1
|
7
|
IPA
|
4
|
8
|
4
|
90
|
15
|
60
|
1
|
2
|
1
|
8
|
Penjas
|
3
|
3
|
1
|
20
|
8
|
8
|
3
|
30
|
2
|
9
|
Seni Budaya
|
5
|
5
|
3
|
60
|
4
|
4
|
1
|
1
|
1
|
10
|
TIKL
|
3
|
6
|
3
|
60
|
2
|
2
|
|
15
|
|
11
|
B. Sunda
|
3
|
6
|
3
|
60
|
2
|
6
|
|
|
5
|
12
|
Keterampilan
|
5
|
5
|
3
|
60
|
3
|
6
|
3
|
3
|
1
|
7.
Prestasi Siswa
Prestrasi Ekstrakulikuler Tahun Ajaran
Sebelumnya
NO.
|
PRESTASI
|
TAHUN
|
1
|
Juara
III Cerdas Cermat MIPA SMPLB D
|
2004
|
2
|
Juara I
lomba mewarnai SLB-D Bandung Raya
|
2006
|
3
|
Juara
III Cerdas Cermat MIPA
|
2007
|
4
|
Juara I
lomba melukis ABK Metahmorfosis
|
2007
|
5
|
Juara
Harapan II Tingkat Jabar Cipta/baca puisi
|
2008
|
6
|
Juara
II Cerdas Cermat IPS SDLB
|
2008
|
Bandu
F. Analisis SWOT SLB-D
YPAC Bandung
- Kekuatan
1). Adanya sumber daya manusia (SDM) yang memadai
2). Dukungan sarana/prasarana yang cukup
3). Dukungan SDM
dari pemerintah
4). Dukungan dana operasional
dari pemerintah dan yayasan
5). Adanya kerja
sama dengan lembaga pendidikan yang lain
6). Pelayanan
dengan model ruang sumber
7). Lingkungan belajar yang kondusif dan
strategis
8). Jumlah siswa yang terus meningkat
9). Adanya kerja sama dengan tim ahli (dokter,
psikolog, dll)
10). Memiliki
Tenaga Konsultan dari UPI PLB
2. Kelemahan
1). Kurangnya tenaga
administrasi
2). Terdapat lahan kosong yang
belum optimal
3). Masih kekurangan ruangan,
baik ruangan belajar maupun
ruangan pemeriksaan dan latihan
3. Peluang
1)
Adanya kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan bakat
yang dimiliki.
2)
Adanya kesempatan bagi siswa untuk magang di swalayan
3)
Penyelenggaraan
work shop dan pelatihan-pelatihan
4)
Terjalinnya
kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan pihak-pihak lainnya
5)
Adanya
mitra yang berkeinginan membantu mengembangkan potensi siswa sekaligus
menampung hasilnya
4.
Hambatan
1)
Tingkat kemampuan siswa yang cenderung berat
2)
Lemahnya motivasi belajar sebagian siswa
3)
Kurangnya kesadaran sebagian orang tua terhadap
pentingnya
bersekolah
4)
Kondisi fisik siswa yang makin lama makin menurun
5)
Jarak sekolah yang jauh dari tempat tinggal sebagian siswa
6)
Masih adanya sebagian masyarakat yang kurang peduli
terhadap
anak
berkebutuhan khusus
VISI,
MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN
A. Visi
SLB- D YPAC Bandung
Terbentuknya
siswa yang mandiri, berilmu, bertaqwa dan berakhlak mulia serta peduli sesama
dan lingkugan.
B. Misi SLB-D YPAC Bandung
- Mengembangkan secara optimal potensi yang dimiliki siswa sesuai dengan kemampuan.
- Mengembangkan pembelajaran berbasis iman dan taqwa, serta menjunjung nilai-nilai luhur budaya masyarakat setempat.
- Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sehingga terbangun siswa yang berakhlak mulia.
- Mengembangkan sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan.
C. Tujuan
Pendidikan
1. Tujuan Sekolah
SLB-D YPAC Bandung bertujuan memberikan pelayanan dalam bidang pendidikan, sosial, dan
keterampilan, agar lulusan mampu mandiri secara fisik maupun sosial ekonomi.
2. Tujuan Satuan Pendidikan
a. TKLB
Membantu meletakkan dasar ke arah
perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan
oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk
pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya, dengan jenis dan tingkat kelainannya.
b.
SDLB
Meletakkan dasar kecerdasan pengetahuan,
kepribadian, ahlak mulia serta
keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c. SMPLB
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut
d. SMALB
Meningkatkan kecerdasan pengetahuan, berkepribadian, ahlak mulia serta
keterampilan untuk hidup mandiri secara
sosial dan ekonomi.
3. Tujuan Program Vokasional
Membekali siswa agar memiliki keterampilan
produktif sebagai upaya mempersiapkan diri memasuki dunia kerja untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya.
Bandung, Januari 2010
Kepala
Sekolah,
Drs. BASYARIAH
NIP
19551230 198003 1 012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar